Clash of Clans Defense Strategy



Nah berhubung kemaren ane udah post tentang Clash of Clans Raid Tips jadi berasa kurang kalo kita gak bahas cara bertahan yang baik di CoC.
Okeyy lets get it started!

Pertama kita akan mulai dengan pertahanan paling dasar yaitu Wall yeah ini adalah pemisah antara attacker dan defender, ane ngrasa aneh ama orang-orang yang sama sekali tidak bikin atau upgrade wall di villagenya padahal menurut ane ini sangat penting, bagi jenis troops seperti Giant, barb ato archer mungkin ngancurin ni tembok agak susah ye tapi buat Wall Breaker its just a piece of cake!
Kalo misalkan lagi kekurangan biaya buat upgrade semua wall, lebih baik upgrade dahulu wall-wall penghubung seperti wall yang berada di sudut.
Salahsatu cara ngakalin wall breaker adalah dengan buat traps di sekitar wall yang di perkirakan bisa d tembus wall breaker, NOTE!!! Kebanyakan orang membuat 2 lapis wall berdempetan.
Tentu aja ini menjadi sasaran empuk karena bisa di hancurin sekaligus
Nih contohnya...



Selanjutnya tentang Town Hall, banyak orang menganggap semakin tinggi lv town hall semakin kuat tentu saja ini salah apalagi jika kita hanya fokus upgrade town hall tanpa di barengi upgrade defense sistem kita, sebaiknya kita upgrade dahulu cannon, archer tower, dan semua sistem pertahanan kita sampai mentok barulah upgrade Town Hall karena lv town hall tinggi tanpa persenjataan yang baik hanya akan jadi bulan-bulanan para Attacker.

Seperti halnya wall posisi penyimpanan defense sistem kita lebih baik agak renggang tetapi tidak terlalu jauh juga yang penting bisa saling cover, posisi yang terlalu berdekatan mungkin bagus dalam menghabisi musuh dengan cepat namun posisi seperti ini akan menguntukan penyerang yang menggunakan spell.
Nih contoh penempatan defense sistem yang menurut ane kuat

Beberapa tower sengaja tidak di lapisi tembok hal ini bertujuan untuk mengecoh prajurit yang favorit targetnya defense contohnya Giant.

Mungkin bagi sebagian orang Clan Castle hanya tempat untuk menyimpan resource hasil perang dan tempat nampung prajurit sehingga menyimpan clan castle pun di sembarang tempat, tetapi sebenarnya penyimpanan castle pun cukup ngaruh terhadap pertahan kita, bayangkan jika isi castle kita adalah archer dan wizard yang bisa menyerang di balik wall otomatis mereka bisa terlindungi saat melakukan penyerangan, so lebih baik jika clan castle di lindungi wall seperti ini...


Dan sekarang kita akan bahas beberapa alasan mengapa musuh menyerang kita
1.Resource
Resource yang melimpah apalgai tidak terlindungi menjadi alasan utama untuk melakukan serangan terhadap village kita, karena hanya goblin yang akan menyerang ini lebih dahulu lebih baik simpan trap yang lemah seperi bom di sekitar storage kita.

2.Trophy
Kalau ini udah jangan di tanya lagi, semakin banyak trophy kita semakin besar kemungkinan kita di serang karena pemain dengan TH yang tinggi kebanyakan lebih mementingkan trophy.

3.Town Hall
Town hall yang tidak terlindungi menjadi salah satu alasan mengapa kita di serang, tetapi bagi yang ingin mendapatkan shield dan tidak hobi menyerang ini menjadi taktik yang bagus karena mungkin kita akan mendapat serangan hanya 1 sampai 2 kali sehari.

4.Defense
Dan yang terakhir defense sistem yang tidak terlindungi, memang tujuan di buatnya tower untuk melindungi village kita tapi bila ini tidak terlindungi dengan baik setelah hancur siapa yang akan melindungi village kita?
Jujur ane selalu berhasil ngancurin village yang defense sistemnya tidak terlindung dengan baik meskipun lv town hall nya jauh di atas ane.

Sebenarnya tidak ada pertahanan yang tidak tertembus hal ini di karnakan saat bertahan village kita hanya di mainkan otomatis oleh komputer. Tapi berusaha membuat village kita aman adalah wajib! Kecuali semua resource and trophy milik ente mau di sodakohin sama attacker.

Okeh cukup sekian untuk kali ini, see yaa guys!!!

2 Responses to "Clash of Clans Defense Strategy"

  1. mohon bimbingannya ya, gan.. ane newbie ne. n pertahanan ane msh lemah di TH 6.. btw, cara org ngejar resource buat bisa bikin TH7 itu gimana ya? ane gak nyampe2 terus.. abis setiap x d serang selalu rearm trap lagi 30k Gold. terus2an tiap 12 jam abis jg GOLD nya. ada sarankah, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum agan up TH defense ky cannon ama tower udah mentok di upgrade belum?
      kalo posisi penyimpanan storage yang menurut saya aman di tengah kelilingin sama defense dan jangan lupa wall up semua. Kalo camp agan tipe farming TH gak di cover juga ga apa-apa itung itung shield gratis kalo TH agan di ancurin.
      kalo bisa SS camp agan kasih liat di google+ ane coba biar lebih jelas :)

      Delete

Feel free