Clash of Clans Armies Guide (part 1)


Kemaren-kemaren ane udah post tentang Defense Strategy dan Raid Tips , sekarang ane mau bahas tentang prajurit di Clash of Clans, oh ya yang akan kita bahas adalah Troops yang ada di standar barrack aja ya soalnya kalo sama dark armies kepanjangan terus ane belum punya Lava Hound jadi belum tau karakteristik dan kelebihannya secara detail.
Okeh kita mulai dengan yang paling dasar...

1.Barbarian



Ya si kumis baplang yang penampilanya kayak pemain Smack Down Hulk Hogan ini adalah Troop yang dapat di jumpai saat pertama main CoC, dengan bersenjatakan BroadSword dan elixir cost yang murah troops ini bisa jadi andalan saat di lvl bawah di banding archer dan goblin Barb lebih memiliki hit point yang tinggi(meskipun speednya paling rendah di banding arch dan gob).
Jika ingin menggunakan barb sebagai main unit lebih baik jangan tanggung tanggung untuk train yang banyak dan juga jangan di turunkan di satu titik sekaligus lebih baik di sebar, karena gerombolan barb sangat mudah di kalahkan oleh defense yang memiliki splash damage seperti wizard tower dan mortar.

2.Archer


Di sebelah kanan ada 3 Archer yang sedang membidik, di belakangnya ada Mario Balotelli sedang naik babi XD

"Penembak jitu ini lebih suka menjaga jarak di medan perang maupun di kehidupannya, tak ada yang dapat membuatnya bahagia selain satu tembakan mematikan yang dapat menumbangkan targetnya"
Yup inilah dia Archer, ranged unit kita yang pertama.
di banding dengan Barb Archer lebih gesit dan bisa menyerang building atau defense yang terlindungi Wall tapi sayang archer lebih mudah di bunuh di banding troops yang lain dan juga rawan Wizard Tower dan Mortar bila dI deploy sekaligus, tetapi bila melawan defense yang damage nya tidak splash  seperti cannon atau archer tower nah bagusnya deploy sekaligus apalgi bila perhatian defense tersebut teralihkan oleh troops lain jadi archer kita bisa dengan aman menyerangnya.
Giant sebagai "Meat Shield"

Selain bagus buat raid archer juga sangat berguna jika di pakai untuk bertahan di Clan castle karena bisa membantu air defense menumbangkan minions atau healer dan bila saat kita melakukan serangan ternyata ada archer di clan castle musuh kita bisa menumbangkan mereka sekaligus dengan lightnig spell.

Beauty Archer


3.Goblin

 Dan sekarang adalah giliran si tukang ngepet alias Goblin!
Goblin sangat berguna bagi para pemburu resource selain harga yang murah damage per second mereka juga tinggi apa lagi terhadap resource building, goblin adalah troop tercepat di CoC ini menjadi suatu keuntungan yang sangat berharga dan kelemahan goblin yaitu di Hit pointnya sama seperti archer troop ini mudah sekali matot!
Kalo ane sih bawa goblin pas raid buat trap trigger doang atau pemicu jebakan supaya main unit ane bisa sedikit lebih aman.
Bagi para pemburu resource goblin menjadi suatu yang wajib di bawa ke medan pertempuran, tapi buat para pengoleksi trhopy lebih baik jangan karena HP goblin masih di bawah barb dan bukan ranged unit seperti archer,
So buat yang suka ngepet atau ngecit resource bawalah si tampan ini.

Mungkin kalo CoC buatan indo Goblin di ganti jadi Tuyul

4.Giant


Ini dia si ganteng kalem yang menjadi salahsatu troops favorit ane Giant!
kelebihan Giant adalah hit point yang tinggi sehingga bisa meredam banyak serangan dan elixir cost yang lumayan murah, hanya saja Giant memeiliki Damage per Second yang sangat rendah, untuk menutupi DPS yang rendah lebih baik jangan mendeploy Giant secara terpisah langsung saja deploy mereka di satu titik lemah musuh secara bersamaan apalagi jika udah punya healer mereka jadi lebih tahan banting dan lebih berbahaya!
mungkin speed Giant terhitung lambat namun ini bisa menjadi ke unggulan bagi healer untuk mengobati mereka.
komposisi troops yang cocok bagi Giant buat Raid  adalah dengan di barengi Archer, Wall Breaker dan Healer, ane yakin dengan komposisi troops seperti itu presentase keberhasilan raid ente akan bertambah tapi formasi kayak gini gak bisa tembus Town Hall Lv 8. udah berkali-kali ane coba tapi tetep gak nyampai 100% tottal destructionnya, so Giant bagus buat raid TH 7 ke bawah.
dan  kalo buat defense di clan castle lebih baik jangan peke Giant selain karena menghabiskan ruang di clan castle yang terbatas sekumpulan Giant yang bertahan bisa di kalahkan oleh satu Wizard Lv bawah sekalipun!

5.Wall Breaker

Seperti yang kita ketahui wall breaker hanya akan menghancurkan wall (tentu aja namanya juga wall breaker!) dan ini adalah troop tercepat dalam membobol tembok dengan damage 40x terhadap wall, akhirnya Supercell mengupgrade AI nya sehingga tidak akan menyerang decoy wall tetapi hanya akan menyerang tembok yang terdapat bangunan di belakangnnya so troop ini bagus buat buka jalan bagi troop utama kita terutama Giant yang mempunyai DPS rendah. Sebenarnya kalo udah punya Minion ato Dragon wall breaker udah jarang kepake apalagi wall breaker harganya lumayan mahal untuk ukuran troop dengan HP yang rendah, tapi bagi pemain dengan TH 7 ke bawah masih bisa di bilang sangat penting.
Nah kalo mau deploy ini troops tapi tembok yang akan di bobol dalam jangkauan mortar lebih baik deploy barb ato giant terlebih dahulu setelah peluru mortarnya mendarat baru deh deploy ni wall breaker ane jamin bakal sukses ngancurin temboknya.
Kalo buat defense sih menurut ane ini adalah troop paling tidak berguna setelah healer karena damage Wall breaker vs troops lain sangatlah rendah, jadi kalo ada member lain yang nyumbangin wall breaker ke clan castle ente lebih baik buang ato pake nyerang aja.

Well mungkin kita bahasa sampai 5 dulu ya, kerena kalo kebanyakan ane yakin jadi pada males bacanya.
Perlu di ingat semua guide di atas berdasarkan pengalaman dan info yang ane dapet jadi mungkin saja tidak akan cocok dengan gaya game play ente, dan bagi para player yang newbie ampe yang master boleh nambahin agar lebih baik ke depannya.
Keep playing for this awesome game!
See yaa...

2 Responses to "Clash of Clans Armies Guide (part 1)"

Feel free